Seberapa Pentingkah Chemistry Itu?

KOMPAS.com – Banyak orang menggambarkan chemistry sebagai perasaan nyambung dengan seseorang (tidak harus kekasih). Meskipun baru berjumpa, Anda merasa sudah lama mengenalnya. Namun, tanda-tanda chemistry tidak hanya itu. Tanpa Anda sadari, Anda telah menunjukkan gejala bahwa Anda “nyambung” dengan pria incaran Anda ini. Tanda-tandanya bahkan lebih halus daripada hal semacam itu.

Anda ingin tahu apakah Anda punya chemistry dengan si dia?  Amy Spencer, penulis buku Meeting Your Half-Orange: An Upbeat Guide to Using Dating Optimism to Find Your Perfect Match, membeberkan tujuh tanda bahwa Anda akan membangun hubungan yang baik dengan orang tersebut:

Anda menjadi kagok dan canggung
Anda jadi merasa canggung, lalu mengetuk-ngetukkan pensil ke meja atau mendenting-dentingkan gelas. “Ketika Anda memiliki chemistry yang serius, tubuh Anda meningkatkan produksi norepinephrine yang merupakan saraf-saraf penghubung,” ungkap Helen Fisher, PhD, ahli anthropologi dari Rutgers University. Repotnya, hal ini malah membuat Anda canggung, tidak dapat mengkoordinasikan otak dan gerakan tangan, bahkan menimbulkan kecelakaan-kecelakaan kecil yang memalukan. Menurut Dr Fisher, ini pertanda baik. Sebab bila Anda tidak peduli bagaimana anggapan si dia tentang Anda, Anda pun tak akan memedulikan kekonyolan yang dilakukannya.

Anda jadi lebih mampu melihat secara detail
Sebelumnya, Anda tidak mengamati seseorang dengan begitu detail. Namun, mendadak Anda bisa melihat bagaimana kuku jari kelingking si dia terlihat terbelah, atau ada tahi lalat kecil di lehernya. Menurut Niko Tinbergen, seorang ahli ethologi Jerman dan pemenang Nobel, hal ini terjadi karena kadar dopamin meningkat dan membuat Anda mampu menandai semua hal tersebut. Penandaan ini membuat Anda fokus pada satu orang dengan lebih jelas, dan mengamati detail paling nggak penting dari diri seseorang. Segala sesuatu jadi terlihat unik dan istimewa.

Anda jadi lebih kompromis
Chemistry yang sebenarnya membuat Anda lebih melunak daripada biasanya. Jangan kaget kalau Anda lalu jadi lebih kompromis dengan teman kencan Anda ini, dibandingkan dengan orang lain. Anda tidak keberatan meskipun harus berjalan kaki lebih jauh asalkan bersama-sama si dia. Mendadak Anda sepakat menonton film-film komedi slapstick yang sebelumnya tidak Anda sukai. Atau, mencoba makanan yang sebelumnya Anda hindari.

“Saat Anda jatuh cinta, Anda lebih mudah menyerahkan batasan-batasan Anda agar dapat menyatu bersama orang tersebut,” papar Harville Hendrix, PhD, penulis buku Keeping the Love You Find.

Ruangan terlihat lebih terang daripada biasanya
Eckhard Hess, ahli biopsikologi dari University of Chicago mengatakan, ketika Anda melihat sesuatu, atau menatap seseorang yang menyebabkan perasaan menjadi positif, atau memancarkan minat khusus, pupil mata Anda melebar untuk menangkap lebih banyak gambaran tersebut. Alhasil, mata pun menangkap lebih banyak cahaya, dan ruangan pun jadi terlihat lebih terang.

Anda merasa lebih gelisah
Berulangkali mengelus lengan, menepuk-nepuk kaki, atau merasa gelisah selama kencan berlangsung, ternyata merupakan tanda baik: Anda memang menyukai pria ini. “Itu namanya gerakan perpindahan, yang Anda lakukan ketika Anda mencoba memutuskan apa yang harus Anda lakukan dengan diri Anda,” jelas Dr Fisher. “Tahu kan, ketika seseorang tersenyum pada Anda, tapi Anda tak tahu pasti harus tersenyum balik atau mengalihkan wajah, lalu Anda memain-mainkan rambut.”

Hal ini terjadi karena otak mengalami over stimulasi, yang membuat Anda mengeluarkan energi berlebih dengan sedikit merapikan penampilan. Beberapa pakar lain mengatakan bahwa meraba-raba lengan atau kaki menunjukkan keinginan bawah sadar untuk menyentuh orang yang Anda hadapi.

Lupa makan
Ketika Anda merasa punya chemistry dengan seseorang, Anda begitu terpaku pada apa yang Anda bicarakan, sampai lupa menyentuh makanan yang dihidangkan di meja. Anda sama sekali tidak memikirkan makanan, dan hal ini bukan karena Anda merasa tegang. Penyebabnya adalah meningkatnya kadar dopamin, yang memicu perasaan menginginkan. “Kadar dopamin yang lebih tinggi memberi perasaan ringan, meningkatkan energi, dan merasakan suatu ekstasi minor. Dan Anda sama sekali tidak lapar!” kata Dr Fisher.

Anda merasa punya banyak kesamaan
Anda tidak merasakan nafsu terhadap pria ini, tetapi lebih tertarik dengan berbagai kesamaan antara Anda dan dia yang Anda temukan. Chemistry yang terjadi di tempat kerja, misalnya, menurut Dr Hendrix, disebabkan pusat emosi dalam sistem limbik di otak Anda mengenali karakter si dia, yang mirip dengan karakter orang yang mengasuh Anda waktu kecil. Sebagai contoh, Anda merasa nyaman dengan humor yang dilontarkan lawan bicara Anda, karena mirip dengan cara ayah Anda berinteraksi dengan Anda.

“Kesamaan yang intens ini memicu pelepasan dopamin, yang menimbulkan perasaan ‘wow’,” tukas Dr Hendrix. Saat perasaan itu muncul, Anda pun jadi makin terpikat padanya secara fisik.

εїз Ƹ̴Ӂ̴Ʒ εїз Ƹ̴Ӂ̴Ʒ εїз Ƹ̴Ӂ̴Ʒ εїз Ƹ̴Ӂ̴Ʒ εїз Ƹ̴Ӂ̴Ʒ εїз Ƹ̴Ӂ̴Ʒ εїз Ƹ̴Ӂ̴Ʒ εїз Ƹ̴Ӂ̴Ʒ εїз Ƹ̴Ӂ̴Ʒ εїз Ƹ̴Ӂ̴Ʒ εїз

“Jadi, bagaimana menurutmu? Pentingkah chemistry itu dalam sebuah hubungan? Sampai sejauh mana kita harus bergantung pada adanya chemistry?”

About these ads

16 thoughts on “Seberapa Pentingkah Chemistry Itu?

  1. ya,, kalo pengen membina sebuah hubungan yg brlandaskan rasa suka/cinta, chemistry itu memang sangat sangat penting~~ in my opinion, tanpa chemistry, walo 2 orang telah saling mengenal begitu lama (ato bahkan sudah menikah tanpa sblmnya dilandasi rasa cinta) ya perasaan cinta tetep ga bisa muncul~

    • Makasih Lee Gi Hyun atas komennya :)

      Memang membingunkan kenapa ada orang yg terlihat sempurna secara umum tapi kok kita tidak tertarik dgn dia? Kita sudah berusaha melihat sisi2 baiknya, tapi tetap saja tidak ada perasaan yg muncul. Ada pula seseorang yg sering membuat kita sedih atau bingung, tapi kenapa kita tidak bisa meninggalkan dia? Kita sudah berusaha membuka hati bagi yg lain, tapi kok sepertinya dia tidak tergantikan? Hmmmmm…

  2. Scr keseluruhan dalam suatu hubungan perlu yg namanya chemistry.tp chemistry itu gk dtg tiba2 jg, perlu wkt utk mengenal satu sama lain perlu komunikasi jg baru kita bisa ngerasa qt dgn org tsb pny chemistry ato gk.intensitas komunikasi qt jg pengaruh loch,, :D,,kl mnrt gw yaaa…

    • Oh iya, benar sekali, Win.. Kita bisa ngerasain chemistry karena interaksi.. Kalo liat dari jauh aja sih ya gak tau kan? Paling tidak ngobrol dikit lah.. Jadi tetap aja semuanya itu butuh usaha ya..

  3. Ini komentar dari Icha, seorang junior di SMA ku yg sekarang sudah menikah dan punya dua orang anak:

    “Chemistry dlm sbuah hbungan,baik hub sbuah pasangan,atau pertemanan memang ada kalo menurut aq.aq prnh blajar ikt platihan yg bgs,singkatnya yg aq dpt manusia itu memiliki aura dsekeli2ng tbhnya dn itu memancarkan sinyal kpd seseorng(klo qt…a ngertinya feeling).cnth,prnh g kak inget seseorng pngn tlp/sms eh udh dhub duluan?itu bkn sbuah kbetulan.si orng itu tbhnya memancarkan sinyal ke qta,dn qta merasakannya.(wallahu’alam tp aq prcy krn udh dteliti dn prnh mrasakan)pokoknya stelah ikt platihan itu byk tau yg menarik.;) kalo aq chemistry dlm sbuah hub jk g dlandasi cinta,dn syng g akan bjalan mulus.;) hehe”

  4. hahaha.. mungkin bnr, tp mungkin jika kt sedang menyukai seseorang, kita tdk bs menjelasakan apa yang kita sk dr dia..

    • Perkara ketidaksukaan juga membingungkan ya.. Apakah ada yg namanya chemistry ketidakcocokan? Tapi perlu diingat, chemistry itu ada beberapa elemennya, selain grogi juga harus ada ketertarikan yg tidak dapat dijelaskan, seperti magnet.. Termasuk kalau melihat mereka ruangan menjadi terang (kirain di film2 aja).. Memang misteri ya semua ini..

  5. cinta itu ibarat 2 sisi mata uang yang terkadang kita sulit mendefinisikan cinta itu sendiri,, sama halnya dengan chemistry,, percaya atau tidak, chemistry bisa tumbuh dengan seseorang yg sebelumnya tidak pernah kita kenal dan akhirnya di persatukan di atas pelaminan..aduuhh..kenapa selalu berakhir dg kata pelaminan yaa?

    • Kenapa? karena itu wajib hukumnya bagi kita-kita yg mengejar cintaNya.. Memang bisa kok Lin ber chemistry sama orang yg baru ketemu karena ternyata chemistry itu bisa di recycle, biasanya cuma bertahan 2 tahun tapi kalau kita perbarui kebiasaan kita akan muncul lagi kok.. Jadi kita dituntut kreatif dalam suatu hubungan terutama hubungan cinta antara pria dan wanita..

  6. seberapa penting..mungkin sebelum ditanya seberapa penting, yg lebih dulu bisa ditanya adalah, apa kita selalu menyadari saat kemistri itu datang?
    apa kita selalu aware “wah! gw merasakan kemistri,, akhirnya, ini dy! itu tandanya gw suka ni sama orang ini!” ngga begitu kaann? haha. that would be sooo weird!

    Nah, ketika ternyata tanpa kita sadari kemistri itu ada, apa kita bisa melepaskan rasa itu begitu aja? kemistri yg diatas dibahas sbg alarm rasa suka itu, berarti menandakan rasa suka itu udah dateng ke hati kita saat kita menyadari adanya kemistri kan?

    jadi gimana bisa ditanya penting atau tidak? penting ngga penting, toh dia akan muncul kan? klo memang dirasa penting, berarti sukur alhmdulillah hubungan bisa berjalan baik. klo dirasa ngga penting, ya usaha berat deh tu buat ngilangin nya. udah terlanjur suka.. ya kan? haha

    apa dalam proses taaruf penting atau tidaknya kemistri ini bisa ditanyakan juga? aku rasa ngga juga. krn dlm proses taaruf itu sendiri, kemistri akan terbangun dengan sendiri nya kan, saat kita tahu semakin byk informasi ttg dy. baru pada saat itu kita bisa bilang “kynya cocok nih..” atau “insyallah bisa,,” atau “saya sudah mantap, insyAllah..” dsb dsb.

    *mencoba memberikan pikiran yg berbeda. hihi..maap lailaa. lg2 kepanjangan*

    • Waah benar juga ya Peh? Sampai sekarang aja aku juga masih bingung sebenarnya aku tuh kemistrinya sama siapa?

      Kemistri sama ketertarikan sama gak ya? Tadi baru konsul sama Icha yg udah pernah ikut seminar ttg kemistri malah gak tambah gak ngerti, hahahah XD

      Tapi gini loh Peh, kalau kata Icha, kemistri itu semacam aura atau sinyal yg kita pancarkan ke orang lain. Kita kan pernah nih sama seseorang yg baru kenal kok udah ngerasa nyaman? Ada juga orang yg kita kenal lama dan sebenarnya banyak hal yg sama2 kita suka kok ngobrol bentar udah gak betah? Ada juga gini Peh, kita kalau di tempat ramai pasti gak bisa liat muka orang satu2, tapi ada beberapa orang yg tertangkap sinyalnya sama kita sehingga kita bisa liat dia meskipun di tengah kerumunan orang.

      Nanti kita pelajari lebih jauh di rumah Icha, Horeee!

  7. teori sinyal itu juga pernah ica ksh tau ke gw. gw percaya, tapi gw kurang bisa nemu logikanya,hehe. bukan menyalahkan, tapi krn gw blm tau jelasnya aja. klo dari teori yg gw pernah pelajari, ketertarikan kita dgn orang yg baru kenal, atau kita merasa cocok hanya dari 1 kali ketemu, itu dlm ilmu komunikasi, dikarenakan oleh over lapping or interest kita yang besar terhadap orang tersebut. nah, apa dan bagaimana kah over lapping or interest itu?? mari kita bahas lain waktu. bisa panjaaaanngg klo tulis disini. hahaa

    • Yaaaa itu dia Peh, otak gw juga kusut! Apa terlalu metafisika ya? (kok jadi fisika padahal kan kimia, hahahaha XD)
      Makanya kita perlu diskusi langsung sama Icha. Insya Allah minggu depan kita berkumpul, Asiiiiiiiik ≧^◡^≦

  8. menurut aku kemistri tu gak bisa langsung ditebak, perlu waktu juga,,, misal kita pcran kita tertarik ma seseorang tapi ternyata setelah ma dia kita gak nemuin kemistri, menurut w kemistei itu kayak sebuah kenyamanan…. nyaman gak kita ma orang itu.

    • Salam Kenal Dewi!

      Terima kasih untuk komentarnya.

      Benar juga ya, chemistry tidak instan. Ada juga yg bilang kalau chemistry bisa diciptakan. Hmm memang selalu menjadi misteri kalau sudah urusan hubungan antar manusia ini ya :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s